Friday, December 9, 2016

5 Tempat Bubur Legendaris di Kota Bandung



Untuk memenuhi energi di pagi hari, selain memakan makanan seperti nasi kuning, kupat tahu, atau makanan di pagi hari lainnya, saya senang dengan yang namanya bubur ayam. Terlebih dengan Bandung tempat tinggal saya yang menyajikan juga tempat-tempat bubur ayam terenak nan legendaris. Kenapa saya sebut legendaris? Karena beberapa tempat bubur yang pernah saya singgahi memang sudah ada sebelum saya lahir. Kalau dipikir-pikir, penyajian bubur itu sama saja terbuat dari beras, ditambaha toping ayam, cakue, kacang dan lainnya. Namun, setiap bubur tersebut memiliki citra rasa yang “menggoda”. Penasaran dengan tempat bubur legendaris Bandung mana saja yang perlu Anda kunjungi? Ini dia ulasannya!

  • Bubur Bang Anjo

Bubur ini ada di daerah Paster, terletak di sebelah Griya mart. Mulai buka setiap hari dari Pukul 06.00 – 10.00 dan buka kembali sore hari dari pukul 17.00 -21.00. Pertama kali saya mencicipi bubur ini sejak usia 11 tahun. Diajak oleh almarhum ayah yang memang sangat favorit dengan tempat bubur ini. kelebihan dari bubur ini, saya suka dengan buburnya yang agak encer dan sambelnya yang pedes banget. Terlebih ketika memakan bubur ini kerupuk yang dipisah selalu saya tambahkan kecap dan sambel dan rasanya oke banget. 


  • Bubur Pak Otong

Bubur ini termasuk bubur legendaris dan bisa dibilangnya bubur icon kota Bandung. Bubur ini sudah adah sejak tahun 1947. Dari dulu bubur tersebut buka di malam hari. Rasa buburnya gurih tidak terlalu encer ataupun menggumpal. Topingnya hanya ada cakue dan juga ayam. Oh ya, Anda pun bisa memilih toping lain seperti telur ayam muda, paha, sayap, tulang, dan lainnya. Bubur ini tidak menyediakan kecap jadi kalau Anda senang kecap lebih baik membawa sendiri, hanya saja bagi saya sambelnya kurang pedas, tetapi lumayan lah untuk membuat bubur tersebut “anget”.  Lokasi bubur ini ada di di jalan Andir dekat pasar Andir, buka dari pukul 19.00- malam. 


  • Bubur H. Amid

Bubur ini pun termasuk legendaris di kota Bandung, sudah ada sejak tahun 1978. Letaknya berada di jalan Pajajaran depan SMK Penerbangan. Jik dulu jam bukanya hanya pagi hari, sekarang di waktu pagi, siang, dan malam bubur ini tetap buka. Uniknya bubur ini adalah Anda akan mendapati telur mentah ataupun setengah matang yang dicampur langsung dengan bubur ketika masih dalam keadaan panas. Tentunya toping ini berlaku bagi yang suka dengan telur terutama telur setengah matang. Jika tidak, Anda pun masih akan mendapatkan toping lain yang cukup banyak dan berlimpah sehingga membuat Anda kenyang di pagi hari. 



  • Bubur Gibas

Bubur ini berada di jalan kebon jati. Jika dulu berada di depan Rs. Kebon Jati sekarang bubur ini berada di sebrang sekolah trinitas Bandung dekat dengan pasar Ciroyom. Bubur ini bagi saya sangat spesial karena toping ayam kampung dan cakuenya melimpah dan enak. Di tempat ini tak ada kecap, kerupuk, kacang dan sebagainya. Penyajiannya sederhana tapi mampu mengundang orang untuk berbondong-bondong menyamtap bubur tersebut. Bubur tersebut buka mulai pukul 19.00- malam. Dari mulai buka sampai malam bubur tersebut masih saja dibanjiri pengunjung. Jadi, untuk ke tempat ini Anda harus ekstra sabar dan mengantri. 


  • Bubur H. Mang Oyo

Bubur legendaris selanjutnya adalah bubur H Mang Oyo yang saat ini sudah banyak cabangnya di kota Bandung. Saya suka bubur ini karena tidak terlalu kental. Dan uniknya bubur ini bila dimasukkan ke mangkok atau piring kemudian dibalikkan seperti orang yang menari piring tidak akan terjatuh. 



Gimana, adakah informasi bubur Bandung Legendaris di atas yang sudah ada coba? Oh ya, setiap bubur harganya juga terjangkau mulai dari Rp 10.000 – 20.000. Dan, saya yakin di Bandung sendiri masih ada tempat bubur enak lainnya yang belum atau kita semua ketahui. Jika ada tempat bubur enak lainnya boleh donk share di comment di bawah ini

No comments:

Post a Comment

Bandung Creative Hub: Tempat Nongkrong Anak Bandung Zaman Now!

Akhir 2017 kemarin, saya menyempatkan dir untuk mengunjungi salah satu tempat fenomenal di kota Bandung. Tempat tersebut bernama “Bandung C...