Wednesday, September 27, 2017

Mengenal 5 Pemeran Film Sejarah G30S/PKI

Film G30S/PKI saat ini sedang ramai untuk dibicarakan. Sejumlah daerah telah menlaksankan nonton bareng film tersebut dengan tujuan ingin mengetahui kembali sejarah yang lalu mengenai PKI. Film tersebut di era 90-an selalu ditayangkan oleh TVRI guna memperingati kejadian pahit di masa lampau. Namun, sejak tahun 2000-an film tersebut sudah tak ditayangkan lagi sehingga mengundang rasa penasaran masyarakat terutama para generasi muda saat ini. Selain tentang sejarahnya, yang menjadi sorotan adalah para pemain atau aktor yang terlibat dalam pembuatan tersebut. Mereka dinilai bermain dengan sempurna persis seperti aslinya. Tentunya pemilihan tokoh ini tak ayal memerlukan proses panjang sehingga sang sutradara, Arifin C.Noer bisa leluasa untuk mengarahkannya. Lalu siapa sajakah mereka? Berikut jawabannya! 



Mengenal Sepak Terjang Film Sejarah G30S/PKI

Sebelum mengetahui para pemaian yang memerankan tokoh penting di film tersebut, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang sepak terjang dari proses pembuatan film sejarah ini. Tentunya sang sutradara butuh waktu dua tahun untuk membuat film tersebut tampak sempurna. Arifin C.Noer dibantu istrinya Jajang C.Noer untuk meriset dari mulai tempat sampai pemain yang pantas untuk memerankan tokoh tersebut. 

Awalanya film tersebut diberi judul dengan “Sejarah Orde Baru” namun pada akhirnya film tersebut diberi nama Gerakan 30 September 1965 karena memang isi dari film tersebut menggambarkan tentang peristiwa G30S/PKI. 

Film tersebut berdurasi empat jam, termasuk dalam kategori film sejarah terlama saat itu. Saat dirilis film tersbeut mampu menyedot angka hingga 699.282 penonton. Sampai pada tahun 1995, film tersebut masih menjadi film sejarah terfavorit dengan angka jumlah penonton yang sudah tak terhitung lagi. Wajar bila film tersebut menjadi film sejarah terbaik karena biaya dalam pembuatannya mencapai 800 juta yang pada waktu itu angka tersebut tergolong cukup “wah”. 

Dari kerja keras sang sutradara beserta crew yang bertugas, pada tahun 1984 saat penghargaan Festival Film Indonesia (FFI), film tersebut berhasil memenangkan piala tersebut dalam kategori skenario terbaik. Dan pada itulah film tersebut menjadi film terlaris sepanjang tahun 80 dan 90-an.

Para Pemain Film G30S/PKI

1. Pemeran DN Aidit
DN Aidit adalah ketua PKI sekaligus tokoh antangonis dalam peristiwa ini. dalam film tersebut dia digambarkan sebagai seseorang yang bengis, licik, dan juga konspirator. Pada film tersebut, yang menjadi tokoh DN Aidit adalah Syu’bah Asa dia seorang sastrawan dan juga seorang jurnalis senior Tempo. 
2. Pemeran Untung Sjamsuri
Dia adalah seorang Komandan batalion Tjarabirawa. Tentunya dia memiliki peran penting sebagai pimpinan militer Gerakan 30 September. Letnan Kolonel Untung Sjamsuri selalu mematuhi apa yang dikatakan oleh Aidit. Mereka bekerja sama dalam proses penculikan serta pembunuhan para jenderal TNI AD. Pemain yang meemrankan tokoh Untung adalah Bram Adrianto, dia adalah salah satu anggota teater Wijaya Kesuma. Selain itu Bram juga dikenal sebagai pelukis dan wirausahawan. 

3. Pemeran Sarwo Edhie
Terlihat sosok pemuda tampan, gagah, dilengkapi baret merah yang menyambangi stasiun RRI. Kehadirannya di sana atas perintah dari mayjend Soeharto kepada Kolonel Sarwo Edhie Wibowo untuk merebut kembali stasiun RRI yang saat itu dikuasai oleh pasukan G30S/PKI. Sososk Sarwo Edhie diperankan oleh Didi Sadikin yang saat itu memiliki jabatan sebagai kapten Koppasandha tau sekarang dikenal dengan Kopassus. 

4. Pemeran Johana Sunarti
Tokoh wanita tegar istri dari seorang Jenderal Nasution ini dengan gagah beraninya menghadapi pasukan Tjakrabirawa. Dengan keberanian dan ketegarannya dia mengendong putrinya Ade Irma yang saat itu telah dipenuhi dengan darah akibat tembakan pasukan Tjakrabirawa. Dia dalah Johana Sunarti istri dari jenderal besar AH Nasution. Peran tersebut dimainkan oleh Ade Irawan yang memang sedari dulu sampai sekarang dikenal sebagai pemain film berkelas di Indonesia. 

5. Pemeran Ade Irma Suryani Nasution
Dia adalah putri bungsu Jenderal Nasution yang meruakaan korban termuda dari kasus G30S/PKI ini. Dia tewas oleh pasukan Tjakrabirawa yang datang ke kediaman Nasution. Tokoh tersebut diperankan oleh Henneke Adinda Tumbuan yang merupakan anak dari Rima Melati dan Frans Tumbuan yang dineal sebagai artis paapn atas di Indonesia. 

Itulah tokoh-tokoh pemaian dalam film G30S/PKI. Walaupun dari latar belakang yang berbeda mereka mampu berkating dengan baik, menjiwai dengan peran yang telah ditentukannya. Semoag dengan kehadiran film ini bisa mengingatkan kembali akan sejarah kelam masa lalu dan memetika hikmah untuk melangkah ke masa depan. 

Sumber : Historia.id (20/9/2017)

No comments:

Post a Comment

Bandung Creative Hub: Tempat Nongkrong Anak Bandung Zaman Now!

Akhir 2017 kemarin, saya menyempatkan dir untuk mengunjungi salah satu tempat fenomenal di kota Bandung. Tempat tersebut bernama “Bandung C...