Saturday, August 26, 2017

Jelang Idul Adha, Cobalah untuk Melakukan 5 Hal Ini!

Beberapa hari lagi ummat Islam di seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Adha. Itu artinya, semua ummat islam yang beribadah haji sedang melaksanakan wukuf di Arafah dan bagi yang tidak melaksanakan ibadah haji, mereka harus berkurban. Berkurban sendiri wajib untuk yang memang memiliki rezeki lebih dan mampu. Jika tidak atau belum mampu, biasanya akan diberi oleh yang berkurban ataupun dikordinir pemerintah setempat. Menjelang Idul Adha nanti sebaiknya ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, terkait agar melaksanakan ibadahnya sendiri lebih afdhal. Lalu, apa saja yang harus Anda lakukan menjelang Idul Adha? Ini Dia Ulasannya! 

Sumber: http://sainsponsel.com


1. Larangan Mencukur Rambut dan Memotong Kuku untuk yang Akan Berkurban
“Jika kalian telah menyaksikan hilal Dzul Hijah (maksudnya telah memasuki satu Dzulhijah, pen) dan kalian ingin berqurban, maka hendaklah shohibul qurban membiarkan (artinya tidak memotong) rambut dan kukunya”. (HR. Muslim)
Untuk Anda yang ingin atau ada niatan untuk berkurban, ketika sudah masuk bulan Dzulihijjah sesuai hadits di atas adalah dilarang mencukur rambut dan memotong kuku. Mengapa demikian? Dari sebuah riwayat yang dilansir dari https://rumaysho.com, Menurut ulama Syafi’iyah, hikmah larangan di sini adalah agar rambut dan kuku tadi tetap ada hingga qurban disembelih, supaya makin banyak dari anggota tubuh ini terbebas dari api neraka. 

2. Memilih Lembaga Terpercaya untuk Berkurban
Seperti yang diketahui bersama di Indonesia terdapat lembaga sosial yang memfasilitasi umat Islam untuk berkurban lewat lembaganya dan akan disalurkan pada sasaran yang tepat. Jika Anda tidak ada waktu atau disekitaran rumah Anda tidak ada yang melaksanakan kurban boleh menyalurannya pada lembaga terpercaya yang memfasilitasi hal tersebut. Pilihan ini adalah tidak wajib seusai dengan kemampuan dan keinginan Anda pribadi. 
Sumber : http://www.harianindo.com


3. Memilih Hewan Kurban yang Sesuai Syariat untuk Berkurban
Jika Anda berniat untuk berkurban dan ingin melaksanakannya bersama keluarga Anda, jangan lupa untuk memilih hewan kurban yang sesuai syariat. 
Binatang ternak berkaki empat ( Domba, sapi, kambing, unta)
Bukan hewan curian, jika membeli ada akad yang halal antara penjual dan pembeli
Tidak ada cacat bagi hewan kurban tersebut
Usia unta masuk pada 5 tahun, sapi genap 2 tahun, kambing 1 tahun, dan domba 6 bulan
Untuk kurban sapi bisa dengan patungan (7 orang) dan domba untuk 1 orang

4. Puasa  Sunnah Sebelum Idul Adha
Walaupun tergolong sunnah Anda bisa melaksanakannya karena akan mendapatkan pahala. Puasa bisa dimulai dari tanggal 8 sampai 9 Dzulhijjah ataupun puasa tanggal 9 nya saja yang disebut puasa arafah. Adapun keutamannya adalah sebagai berikut:

“Dari Qatadah radiallahu ‘anhu berkata: Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa-sallam ditanya perihal berpuasa pada hari Arafah (tanggal 9hb Zulhijjah). Baginda bersabda: Puasa pada hari itu dapat menghapuskan dosa pada tahun yang lalu serta tahun yang akan datang”. Hadis sahih riwayat Imam Muslim. Pada bab 227. “Keutamaan Berpuasa Pada Hari Arafah, ‘Asyura dan Tasu’a”. Lihat: Riyadus Salihin. Jilid 2. Imam Nawawi

5. Tidak Makan dan Minum Sebelum Shalat Idul Adha
Berbeda ketika menjelang shalat Idul Fitri, para jemaah boleh makan minum terdahulu. Namun untuk idul Adha tidak boleh untuk makan minum terdahulu sebelum dilaksanakan shalat Idul Adha. 
Demikinalah 5 hal yang bisa Anda lakukan menjelang idul Adha. Mohon maaf bila ada yang tidak berkenan dan keliru. Semoga informasi bermanfaat untuk Anda. 







No comments:

Post a Comment

Bandung Creative Hub: Tempat Nongkrong Anak Bandung Zaman Now!

Akhir 2017 kemarin, saya menyempatkan dir untuk mengunjungi salah satu tempat fenomenal di kota Bandung. Tempat tersebut bernama “Bandung C...