Saturday, August 5, 2017

5 Peristiwa Penting yang Terjadi di Indonesia pada Bulan Agustus


Tak terasa tahun 2017 ini sudah memasuki bulan ke 8, yaitu bulan Agustus. Di bulan Agustus ini merupakan bulan yang sangat berarti untuk Indonesia karena terdapat tanggal kemerdekaan Indonesia yang sangat bersejarah. Karena hal itulah, di setiap wilayah Indonesia seluruh rakyat menyelenggarakannya dengan khidmat dan penuh suka cita. Namun selain terdapat peristiwa penting hari kemerdekaan Indonesia, di bulan agustus ini terdapat hari-hari bersejarah penting lainnya yang belum banyak diketahui oleh orang lain. Penasaran hari bersejarah apa sajakah yang bisa diperingati di bulan Agustus? Berikut pemaparannya seperti yang dikutip dalam http://www.negeripesona.com (02/04/15). 

Mengenal Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Agustus 

Tanggal 5 Agustus, Hari Dharma Wanita Nasional
Pada tanggal 5 Agustus 1974, terdapat sebuah peristiwa penting yaitu lahirnya Hari Dharma Wanita Nasional. Dharma wanita merupakan sebuah organisasi kumpulan para istri Pegawai Republik Indonesia yang mencakul PNS maupun ABRI yang dibentuk pada masa pemerintahan Orde Baru.  
Pada saat itu yang mendirikan Dharma Wanita adalah Amir Machmud yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina KORPRI dengan izin dari Ibu Tien Soeharto yang saat itu menjabat sebagai Ibu Negara. Pada mulanya, Dharma wanita ini didirikan dengan adanya muatan politik dari pemerintah. Namun, sejak masa reformasi Dharma wanita pun menjadi oragnisasi yang netral dan juga demokratis. 

Tanggal 10 Agustus, Hari Veteran Nasional
Pembentukan hari veteran atau dikenal dengan nama Legiun Veteran Republik Indonesia pada mulanya dibentuk tanggal 1 januari 1957 sesuai dengan kepurusan Presiden RI Nomor 103 tahun 1957. Tujuan diadaknnya hari veteran ini adalah untuk mengenang gencatan sejata pada tanggal 10 Agustus 1949 yang dilakukan oleh para pejuan RI ketika melawan sekutu Belanda. 
Oleh karena itulah, pada tahun 2014 presiden SBY melalui Keputusan Presiden No. 30 Tahun 2014, menetapkan Hari Veteran Nasional jatuh pada tanggal 10 Agustus. Keputusan Presiden SBY ini dilatarbelakangi oleh pernyataan presiden pertama Soekarno pada tanggal yang sama menyampaikan tentang hari veteran. Dalam peringtan tersebut biasanya para veteran diberikan tanda bintang pengormatan, tunjangan, serta hak-hak lainnya yang diatur dalam keputusan presiden. 


Tanggal 13 Agustus, Hari Peringatan Pangkalan Brandan Lautan Api
Tempat ini berada di ibukota Kecamatan Babalan, Kecamatan Sei. Lepan, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Terletak di pesisir pantai timur pulau Sumatera, sekitar 60 km di sebelah utara Kota Binjai.Di tempat ini pada tanggal 13 Agustus 1947 terjadi peristiwa Brandan Bumi Hangus sebagai salah satu strategi pejuang sebagai bentuk perlawanan terhadap agresi Belanda. Semua rakyat yang  berada di tempat tersebut berjuang dengan sekuat tenaga untuk mempertahankan ladang-ladang minyak dan sumur gas yang akan direbut serta dijajah oleh pihak Belanda. 

Tanggal 14 Agustus, Hari Pramuka
Hari Pramuka di Indonesia di peringati setiap tanggal 14 Agustus. Karena pada tanggal tersebut tepatnya tahun 1961, Pramuka mulai dikenalkan ke seluruh wilayah Indonesia oleh presiden pertama Indonesia, yaitu Soekarno. Pramuka sendiri pada mulanya didirikan oleh seorang Letnan Inggris bernama Robert Lord Baden Powel pada tangal 25 Juli 1907. Kemudian kegiatan prmauka itu sendiri muali berkembang ke seluruh dunia, salah satunya adalah di Indonesia. 

Tanggal 17 Agutsus, Hari Kemerdekaan Indonesia
Setelah melewati masa peperangan yang panjang melawan Jepang, akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Dimana pada saat itu, Soekarno dan Hatta bertindak sebagai pahlawan proklamator kemerdekaan. Kini, usia kemerdekaan Indonesia sudah mencapai 72 tahun. 

Nah, itulah deretan peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi di Indonesia selama bulan Agustus. Semoga informasi ini ebrmanfaat dan menambah kecintaan kita terhadap neegri sendiri untuk menajga warisan para pendahulu kita yang telah berjuang mempertahanakan negeri ini dari serangan mush. 


No comments:

Post a Comment

Bandung Creative Hub: Tempat Nongkrong Anak Bandung Zaman Now!

Akhir 2017 kemarin, saya menyempatkan dir untuk mengunjungi salah satu tempat fenomenal di kota Bandung. Tempat tersebut bernama “Bandung C...