Tuesday, November 22, 2016

Yuk, Cari Tahu 4 Manfaat Olahraga Memanah untuk Tubuh!



Olahraga memanah saat ini tengah digandrungi oleh anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Terbukti dengan banyak tempat-tempat pelatihan yang mulai membuka olahraga memanah untuk kalangan orang biasa. Walaupun alat memanahnya masih sedikit dan belum terlalu lengkap, tak menjadi halangan untuk mereka yang ingin berlatih dan mengikuti memanah. 

Olahraga memanah ini sebenarnya sudah dianjurkan sejak ratusan tahun yang lalu oleh Rasulullah SAW, beliau bersabda “Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla akan memasukkan tiga orang ke dalam surga lantaran satu anak panah; Orang yang saat membuatnya mengharapkan kebaikan, orang yang menyiapkannya di jalan Allah, serta orang yang memanahkannya di jalan Allah.” Beliau bersabda, “Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal itu lebih baik daripada berkuda.” (HR. Ahmad, 16699).


Memanah bukan saja sekedar olahraga keren dan ngetrend, dari olahraga memanah ini bisa kita merasakan manfaatnya, diantaranya adalah : 

  •  Untuk Melatih Keseimbangan

Bukan saja olahrgaa sepeda atau olahraga lainnya untuk bisa melatih keseimbangan. Dengan memanah pun kita bisa merasakan manfaat tersebut. mengapa demikian? Karena memanah ini mealtih otot dan otak untuk berkoordinasi. Cara kerjanya adalah dengan otak akan mengirim tanda pada otot agar bisa dijaga keseimbangan tubuhnya saat akan melepaskan panah dari busur.

  • Untuk Melatih Daya Tahan Tubuh dan Memperlancar Peredaran Darah

Manfaat selanjutnya adalah dengan memanah semua otot bekerja mulai dari pundak, lengan, dan tangan. Oleh karena itu, saat otot bekerja maka peredaran darh pun akan lancar bekerja dalam tubuh serta melatih daya tahan tubuh agar tetap fit dan stabil 


  • Untuk Melatih Kesabaran

Apakah Anda memiliki masalah dengan kesabaran? Jika iya, hal yang perlu Anda lakukan adalah berlatih memanah karena salah satu manfaat dari memanah adalah bisa melatih dan menguji kesabaran dalam diri. Terasa melatih kesabaran tersebut saat Anda melesatkan panah dan tidak mengenai sasaran maka saat itulah Anda diuji kesabarannya dan sampai berapa lama Anda akan bertahan untuk bermain olahraga memanah.

  • Untuk Melatih Konsentrasi

Selain bisa melatih kesabaran, olahraga memanah pun bisa untuk melatih konsentrasi. Hal tersebut bisa sangat terasa saat Anda akan melesatkan anak panah dari busur karena disitulah Anda dituntut untuk bisa berkonsentrasi penuh serta mengukur kecepatan dan ketepatan saat melepaskannya.
Jika Anda sudah merasakan manfaat ini, maka akan berpengaruh pada kehidupan sehari-hari Anda. Dimana setiap mengerjakan kegiatan apapun Anda akan mudah untuk berkonsentrasi.

Itulah 4 manfaat dari olahraga memanah yang perlu Anda ketahui. Jika Anda tak ada waktu untuk mengikuti kegiatan memanah bersama komunitas atau lembaga-lembaga yang menyediakan pelatihan ini, Anda bisa membeli peraalatan anak panahnya yang saat ini sudah dijual secara offline atau online. Jika Anda ingin membeli secara online saya rekomendasikan untuk membelinya di akun Instagram Arifa_Archery dimana harganya terjangkau serta aman untuk digunakan untuk pemula.

No comments:

Post a Comment

Bandung Creative Hub: Tempat Nongkrong Anak Bandung Zaman Now!

Akhir 2017 kemarin, saya menyempatkan dir untuk mengunjungi salah satu tempat fenomenal di kota Bandung. Tempat tersebut bernama “Bandung C...