Monday, March 20, 2017

Bingung Mau Menulis Puisi? Cobain Yuk Tips Berikut Ini!



Menjelang akhir tahun 2016 lalu, saya dikejutkan dengan tawaran dari teman semasa SMA. Sudah lama tak bersua juga sejak SMA tak banyak interaksi yang kami lakukan selian sekedar senyum sapa, dan ucapan perpisahan. Saya pun hanya mengenalnya dari sosok media sosial, dimana dia sering kali menulis sebuah puisi yang begitu indah dan kata-kata unik yang sangat saya suka. Rupanya dia pun seirng kali “mengintip” time line media sosial yang saya miliki. Karena kesukaan dan aktifitas kita yang sama dia pun menghubungi saya untuk membuat proyek antologi puisi. 


Senang dan deg-degan bercampur menjadi satu. Antara ingin menerima dan menolak tawaran tersebut. menerima karena kesempatan untuk bekerjasama dengannya. Menolak karena memang tak percaya diri dengan puisi yang dibuat. Namun, pada akhirnya tawaran menulis puisi itu saya terima. Karena menerima maka saya harus menerima segala konsekuensinya. Dan benar saja, proyek tersebut hanya ditulis oleh empat orang dan setiap penulis harus membuat 20-26 puisi dalam waktu satu bulan. Tentunya hal tersebut merupakan tantangan besar yang harus saya taklukan. Maka saya pun menjalankan tips dibawah ini untu memudahkan membuat puisi. Mau tahu tips apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat puisi? Berikut jawabannya!

Tips Mudah Menulis Puisi

1.       Beli atau Baca Kembali Puisi-Puisi karya Penulis Ternama
Yap, langkah awal yang saya lakukan adalah membeli sebuah buku puisi yang sudah ternama. Saat itu saya membeli buku “Aku Binatang Jalang” karya Chairil Anwar. Tujuan saya membeli buku tersebut untuk menambah kosa kata baru dan juga melihat gaya baha puiss yang ditulisnya. Terus terang saja saya memang tidak terlalu mengerti dengan gaya bahasa yang luar biasa kerennya. Tetapi, saya pun menyadari dalam belajara harus ada proses kesabaran. 

2.       Azzamkan menulis puisi satu hari satu puisi
Karena dikejar waktu maka saya harus displin untuk menulis puisi. Jika terlewat saya akan memberi “hukuman” pada diri sendiri yaitu dengan mentraktir teman dan anggota keluarga. Nah, karena syaratnya “berat” maka mau tak mau saya pun harus menulis :D

3.       Ambil Ide atau Tema dari Kejadian yang ada Di Depan Mata
Seringkali susahnya menulis karena memang tidak ada ide atau tema. Karena hal itu untuk mempermudah saya menulis puisi, saya pun mengambil tema dari kejadian yang ada di sekitar saya. Contoh saat itu sedang ada kejadian tetangga yang ditinggal suami, saya pun berusah untuk masuk dan merasakan seolah-olah saya berada di posisinya. Selain itu kejadian Allepo, gempa di Aceh, mujahid 212, penista agama, dan sejumlah isu lainnya yang saya buat menjadi sebuah puisi. 

4.       Sharing dengan Teman
Saya belajar dan meminta saran pada teman yang sudah ahli dibidangnya. Tujuannya agar tahu dimana letak “kelemahan” kita saat menulis puisi. saya pun dikritik karena puisi saya tidak mengandung diksi yang “wah” serta gampang ditebak. Ya, karena hal itulah saya buat beda puisi saya dengan tida banyak kiasan-kiasan yang memang nantinya bisa membingungkan pembaca. :D

Maka setelah saya praktekkan langkah-langkah di atas dalam waktu 1,5 bulan puisi saya telah terbit. Alhamdulillah saya memiliki partenr menulis yang memang mau menerima saya aadanya dan mau membimbing saya untuk menulis puisi. Adakah tips lain dari sahabat-sahabat semua untuk menulis puisi? Jika Ada, boleh share di koment ya! J

No comments:

Post a Comment

Bandung Creative Hub: Tempat Nongkrong Anak Bandung Zaman Now!

Akhir 2017 kemarin, saya menyempatkan dir untuk mengunjungi salah satu tempat fenomenal di kota Bandung. Tempat tersebut bernama “Bandung C...