Thursday, June 8, 2017

Mau Buka Puasa Bareng Sahabat atau Teman Lama Anda? Intip Dulu Yuk Tipsnya Di bawah ini!

Seperti yang diketahui bersama, di bulan Ramadhan ini adalah kesempatn bagi umat Islam di dunia untuk meraih pahala lebih dari bulan-bulan sebelumnya. Aktivitas ibadah utama di bulan ini tentunya adalah menjalankan kewajiban untuk shaum selama 30 hari. Selain shaum, Anda pun wajib untuk melakukan aktivitas ibadah lainnya. Bedanya adalah pahala yang akan Anda dapatkan tentunya lebih besar. Selain beribadah aktivitas lain yang tak boleh Anda lewatkan adalah silahturahim. Biasanya di moment ini adalah waktu yang pas untuk “reuni” atau buka bersama dengan teman atau sahabat Anda dari mulai TK sampai kerja. Sayangnya, kesempatan buka bersama ini seringkali tidak menjadi efektif karena keterbatasan waktu, atau tempat buka bersama yang terlalu ramai sehingga pertemuan yang dilakukan pun kurang efektif dan kurang lama. Nah, agar acara buka bersama dilakukan dengan efektif dan dan juga efisien. Nah, jika Anda meraskan hal yang serupa berikut ada sebuah tips yang bisa Anda lakukan ketika memang sudah merencanakan kegiatan buka bersama dengan teman atau sahabat lama.


1.       Pilih Tempat yang Tidak Terlalu Ngehits
Ya, tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah carilah tempat yang memang tidak banyak peminatnya. Biasanya tempat yang ngehits adalah tempat yang menjadi “sasaran” utama untuk berbuka puasa. Ditambah tempat tersebut sering kali mengadakan diskon besar-besaran. Kerennya lagi tempat ngehits tersebut memiliki tempat yang nyaman untuk berbuka bareng. Nah, tentunya startegi yang Anda lakukan haruslah “berlawanan”. Contoh tempat yang bisa Anda booking bisa di hotel atau tempat makan yang bukan berada di pusat kota tetapi tidak pula yang sampai tidak bisa dijangkau. Artinya jauhilah dari tempat pusat kota dan keramaian yang banyak diburu orang. Soal rasa makanan sebenarnya itu tergantung pada selera masing-masing yang terpenting memiliki tempat yang luas, nyaman, dan cocok untuk berkapasitas besar.

2.       Pilih Waktu Berkumpul dan Berbuka Setelah “waktu rawan” untuk Berbuka
Semua sepakat dan setuju kalaulah buka puasa adalah saat adzan magrib dengan rentang waktu pukul 17.40-18.00 tergantung pada wilayah masing-masing. Nah, waktu tersebut dikatakan sebagai “waktu rawan” dimana semua orang sedang bersiap-siap atau stand by di sebuah restoran. Sering kali problem utama tidak kebagainnya tempat karena memesan dalam waktu bersamaan atau harus menempati tempat satusampai dua jam dari berbuka puasa. Nah, problem lain adalah makan pun tidak tenang karena aktivitas mengobrol dibatasi karena sudah ada pengunjung yang mengajukan waiting list. Karena itulah seringkali “terusir” dengan halus. Dan acara reuni pun tidak efektif dan efisien.
Jika Anda mengalami “identifikasi masalah” di atas. Cobalah untuk mengatur “strategi” berbuka di luar dengan menetapkan jam berkumpul pukul 19.00- selesai. Saat berbuka Anda bisa melakukan terlebih dahulu shalat ataupun takjil di rumah ataupun di mesjid terdekat restoran tersebut. setelah selesai Anda pun bisa langsung pergi ke tempat berbuka puasa yang telah ditentukan. Dan kegiatan reuni pun bisa terlaksana dengan efektif dan efisien.

3.       Berbuka Puasa di Rumah Salah Seorang Teman Anda
Nah, jika Anda melakukan strategi ini tentunya akan sangat nyaman karena tidak perlu terburu-buru untuk makan dan bisa melakukan aktivotas buka puasa maupun tarawih bareng. Yang perlu diperhatikana dalah pastikan tuan rumah tidak TERBEBANI aaupun masing-masing orang bisa membawa makanan masing-masing alias BOTRAM :D.


Oke sekian dulu tips berbuka yang efektif dan efisien bersama sahabat atau teman Anda smeoga bermanfaat. Jika ada ide lain boleh berbagai di sini yah! Selamat menjalankan Ibadah Shaum.

No comments:

Post a Comment

Bandung Creative Hub: Tempat Nongkrong Anak Bandung Zaman Now!

Akhir 2017 kemarin, saya menyempatkan dir untuk mengunjungi salah satu tempat fenomenal di kota Bandung. Tempat tersebut bernama “Bandung C...